Ini Cara Benar Memanaskan Motor Injeksi


Cara Memanaskan MEsin MotorUntuk kita-kita yang setiap hari beraktivitas dengan menggunakan kendaraan roda dua alias motor, sebelum berangkat biasanya memanaskan mesin motor terlebih dahulu. Kebiasaan memanaskan motor ini, seperti saya misalnya, yaaa hanya sekadar memanaskan motor tanpa mengetahui bagaimana cara yang benar dalam memanaskan mesin motor. Kebiasaan saya dalam memanaskan motor yaitu membiarkan stasioner selama 10 menit.

Kebetulan sepeda motor saya bersistem injeksi. Nah, untuk motor injeksi, sebaiknya kegiatan memanaskan motor jangan dijadikan kegiatan yang sifatnya wajib. Mengapa? Jadi begini ceritanya, bahwa motor injeksi sebenarnya sudah canggih dibandingkan dengan motor yang masih menggunakan karburator. Dengan sistem injeksi maka bahan bakar untuk mesin telah diatur oleh Engine Control Module (ECM) sehingga pengguna motor injeksi tidak perlu lagi menarik handel gas saat memanaskan motor.

Jadi, sudahilah kebiasan memanaskan mesin motor dengan waktu yang cukup lama dan hentikan kelatahan menarik handle gas. Selain polusi suara, menarik handle dan menggeber-geber gasĀ  saat memanaskan mesin motor merupakan kegiatan yang sia-sia. Lalu harus bagaimana? Dalam memanaskan motor injeksi, cukup lakukan selama 30 detik, paling lama 1 menit. Biarkan mesin dalam keadaan stasioner. Dalam waktu tersebut, oli sudah dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner.

Mengapa memanaskan motor tidak perlu lebih dari 1 menit? Saya lanjutkan lagi, jadi begini ceritanya, dengan memanaskan mesin motor tak lebih dari 1 menit sebenarnya suhu mesin sudah cukup hangat untuk melakukan perjalanan dan yang terpenting adalah EFISIEN alias menghemat bahan bakar. Jika saat memanaskan motor sambil menggebar-geber gas maka bahan bakar menjadi terbuang percuma. Terlalu lama memanaskan mesin motor juga akan merusak cat knalpot karena knalpot mendapatkan panas yang berlebihan.

Sebenarnya motor injeksi tak perlu dipanaskan saat akan menggunakannya dan motor tak akan ngebrebet. Kalo kita amati motor bersistem injeksi maka tidak akan menemukan dimana letak tuas choke berada. Motor fuel injection sudah tidak lagi menggunakan choke karena memiliki sensor yang mampu mendeteksi suhu mesin, sehingga mudah untuk dihidupkan.

Demikianlah tulisan mengenai tips memanaskan motor fuel injection. Semoga bermanfaat.@

Baca Juga :

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di OTOMOTIF, TIPS dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ini Cara Benar Memanaskan Motor Injeksi

  1. warungasep berkata:

    Nice info… šŸ™‚

  2. disclamaboy berkata:

    Wah saya baru tahu… Pantesan saya bingung kok motor verza saya nggak ada choke nya hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s